Tips Membeli Sepatu Wanita

By Unknown - 2/19/2010


1. Pilihlah hak sepatu sewajarnya. Pilihlah produk sepatu dengan hak pendek - 3,8 sentimeter atau kurang - dan bantalan tumit yang lebar. Bantalan tumit yang kecil kurang baik karena tidak bisa men-support kaki dengan sempurna.

2. Periksalah ukuran sepatu. Kaki akan bertambah panjang dan bertambah lebar seiring dengan bertambahnya usia. Tidak perlu mengukur kaki setiap kali membeli suatu produk sepatu, tapi periksalah ukuran sepatu setiap beberapa tahun sekali. Untuk pengukuran lebih tepat, berdirilah, karena kaki akan melebar ketika anda berdiri.

3. Jangan mengandalkan ukuran sepatu saja. Periksalah ukuran sepatu (sudah benar-benar pas) dan rasakan kenyamanan sepatu tersebut ketika memakainya. Ukuran sepatu bisa berbeda-beda dari satu merek ke merek lainnya dan dari satu model ke model sepatu lainnya. Model sepatu versi Eropa tentunya berbeda dengan versi Asia.

4. Bandingkan lebar sepatu dengan lebar kaki. Berdirilah dan taruh sepatu di samping kaki anda. Bandingkan mana yang lebih lebar, sepatunya atau kakinya? Hindari membeli sepatu yang terlalu sempit, walaupun anda sangat menyukainya. Tentunya Anda tidak ingin koleksi sepatu yang terkesan asal-asalan.

5. Cobalah kedua sepatu sebelum membeli. Apakah keduanya nyaman dipakai? Banyak orang punya ukuran kaki yang tidak sama, yang satu lebih besar dan sebaliknya. Jika anda mempunyai kaki yang seperti ini, pilihlah koleksi sepatu yang ukurannya pas di kaki yang lebih lebar. Pastikan ukuran sepatu tersebut mempunyai cukup ruang bebas (paling tidak seukuran jari) yang diukur dari ujung sepatu sampai ujung jari terpanjang.

6. Belilah sepatu di sore hari (senja hari) atau di pagi hari. Kaki akan membesar di siang dan sore hari. Sepatu yang nyaman di pagi hari bisa terasa sempit di sore hari.

7. Jangan percaya omongan ‘nanti juga muat’. Sepatu haruslah langsung nyaman ketika digunakan. Jangan beli sepatu dengan anggapan bahwa nanti akan muat setelah dipakai beberapa lama. Yang penting jangan asal membeli koleksi sepatu murah. Nantinya akan mubazir. Merk maupun harga koleksi sepatu murah tidak menjamin apapun.

8. Tanyakan tentang kebijakan mengembalikan barang yang sudah dibeli. Di Indonesia, memang sering tertulis di bon bahwa ‘Barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar atau dikembalikan’. Tapi tidak ada salahnya menanyakan kepada toko, karena bisa saja nanti sepatu yang sudah dibeli ternyata malah tidak nyaman dipakai. Kalau tidak ada tanda-tanda kerusakan, toko/tempat jual sepatu & jual sandal bisa saja menerima kembali sepatu yang sudah dibeli (atau menukarnya dengan sepatu lain).

9. Perhatikan bahan sepatu dan model. Pilihlah bahan sepatu yang flexibel dan memungkinkan kaki anda untuk ‘bernapas’, seperti sepatu kulit atau rajutan nylon. Hindari sepatu yang kira-kira bisa menyebabkan gesekan terus menerus dengan kaki anda. Anda bisa ke toko atau tempat jual sepatu beraneka ragam sehingga Anda mempunyai banyak pilihan. Semoga bermanfaat.


sumber : DNA berita, Lifestyle

  • Share:

You Might Also Like

0 Komentar