Jangan Memulai untuk Merokok


(foto:dok:google)

Merokok merupakan kebiasaan yang buruk. Rokok tidak hanya menyebabkan penyakit paru-paru atau kanker, namun juga penyakit kelamin Rokok merupakan racun yang berbahaya bagi tubuh kita.
Orang yang merokok bakal sering mengalami napas pendek dan batuk-batuk yang sangat mengganggu, mudah lelah, kemampuan indra penciuman dan pengecap rasa berkurang, penuaan dini pada kulit, kerusakan rambut, mata, dan gigi. Selain itu, merokok juga dapat membuat kita menjadi kekurangan gizi, karena merokok membuat nafsu makan berkurang.
Sehingga pertumbuhan kita bakal terhambat dan kecerdasan juga sulit untuk berkembang.Dalam waktu lama, orang yang merokok dapat terkena penyakit kanker paru dan tenggorokan, gangguan pernapasan, TBC, jantung, hipertensi, dan osteoporosis. Pada umumnya, peringatan bahaya merokok sudah tertempel pada tiap bungkus rokok. Namun mengapa walau pun sudah ada peringatan, tetap saja banyak yang merokok?
Rokok dan kandungan nya.
Berikut ini adalah fakta-fakta yang mengungkapkan tentang bahaya rokok bagi kesehatan :
 Asap rokok mengandung lebih dari 4,000 jenis bahan kimia, yang 43 diantaranya diketahui sebagai bahan kimia penyebab kanker. Beberapa bahan kimia tersebut terdapat pula pada racun serangga DDT, arsen, racun tikus, pelitur kayu dan pembersih cat kuku.

Environmental Protection Agency (EPA) atau badan perlidungan lingkungan Amerika mengkelompokkan asap rokok sebagai bahan kimia yang bersifat karsinogen (penyebab kanker) kelas A, yang di dalamnya terdapat pula asbes, arsen, benzene dan gas radon.
Asap rokok juga menjadi penyebab timbulnya penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru, penyakit hati, hipertensi, stroke, kanker mulut, kanker pankreas, kanker kantung kemih, penyakit ginjal dan infeksi telinga.
Secara rata-rata merokok dapat mengurangi angka harapan hidup selama 15 tahun dan jumlah kematian akibat kanker 2-4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.
Selain dari fakta-fakta di atas, ternyata asap rokok mengandung banyak zat-zat berbahaya, diantaranya adalah sebagai berikut:
TAR adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru, hal ini dapat merusak sel paru-paru dan meyebabkan kanker.
KARBON MONOKSIDA (CO), Gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen.
NIKOTIN, Salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah, nikotin membuat pemakainya kecanduan. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.
Selama beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah membuktikan bahwa zat-zat kimia yang dikandung asap rokok dapat mempengaruhi orang-orang tidak merokok di sekitarnya. Perokok pasif dapat meningkatkan risiko penyakit kanker paru-paru dan jantung koroner. Lebih dari itu menghisap asap rokok orang lain dapat memperburuk kondisi pengidap penyakit :
ANGINA,yaitu nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah pada jantung.
ASMA, yaitu kesulitan bernafas karena adanya penyempitan saluran pernapasan.
ALERGI yang disebakan karena iritasi akibat asap rokok.
Gejala-gejala gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan karena asap rokok adalah iritasi mata, sakit kepala, pusing, sakit tenggorokan, batuk dan sesak nafas.Wanita hamil yang merokok atau menjadi perokok pasif dapat meyalurkan zat-zat beracun dari asap rokok kepada janin yang dikandungnya melalui peredaran darah.
Nikotin rokok menyebabkan denyut jantung janin bertambah cepat, karbon monoksida menyebabkan berkurangya oksigen yang diterima janin. Anak-anak yang orangtuanya merokok menghadapi kemungkinan lebih besar untuk menderita sakit dada, infeksi telinga, hidung dan tenggorokan. Selain itu juga, mereka mempunyai kemungkinan dua kali lipat untuk dirawat di rumah sakit pada tahun pertama kehidupan mereka.
Rokok sama halnya dengan narkoba terselubung yang dilegalkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, sekarang semua tergantung pada kita. Apakah kita memilih untuk ikut terjerumus ke dalamnya atau mampu keluar dari lingkaran maut rokok.
Fakta-fakta yang telah dipaparkan tersebut, merupakan alasan-alasan kuat untuk segera berhenti merokok bagi yang telah terperangkap di dalamnya, dan menghindari terkena pengaruh negatif rokok bagi yang belum terjerumus dalam lingkaran maut rokok. Bagaimana dengan anda?
sumber : DNA berita, Lifestyle

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © F For Fauzie | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top