Ringkasan Sejarah Komputer

Saat ini, komputer sudah semakin canggih saja. Namun, ternyata komputer bukan hasil kerja dari satu orang saja. Tetapi, Komputer merupakan hasil pekerjaan dari beberapa Ilmuwan yang membuat suatu mesin yang kemudian ditingkatkan lagi hingga seperti sekarang. Kali ini saya mau share 10 teknologi yang dikemudian hari akan menjadi cikal bakal Komputer.


1.Mesin hitung Babbage




Sesuai dengan namanya, Mesin hitung ini dibuat oleh Charles Babbage. Sang pembuat, Babbage merasa dirinya tertantang dengan permintaan dari pemerintah Inggris yang memintanya untuk membuat Mesin yang bisa membuat Tabel Matematika. Charles Babbage akhirnya membuat sebuah mesin sederhana pertama yang bisa memproses perhitungan Matematika dengan otomatis. Mesin inilah yang merupakan dasar dari sistem komputer.
2.ENIAC




Mesin ini dikembangkan oleh militer AS yang diberi nama Electronic Numerical Integrator and Computer. Mesin ini dipercaya merupakan cikal bakal dari komputer masa kini. Meski begitu, Mesin ini memiliki ukuran yang sangat besar. Mesin ini terdiri dari 17.478 tabung fakum dengan bobot 30 ton dan memakan listrik 150 Kilo Watt.

3.IBM System 360




Pada tahun 1964, IBM merilis serangkaian peripheral sederhana dan model-model yang kompatibel dan dinamai IBM System 360. Diakui, S/360 memenuhi kebutuhan komputer bisnis pada masa itu. Mesin ini merupakan rintisan komputer bisnis pertama dan juga tonggak ekonomi industri komputer modern.

4.Datapoint 2200




Computer Terminal Corp (CTC) akhirnya memasarkan sebuah komputer tunggal pada 1970. Bahkan, aplikasi Datapoint 2200 masih dipakai PC hingga sekarang. CTC menjalin kerjasama dengan Intel untuk meringankan beban processor menjadi chip tunggal.

5.Xerox PARC Alto




Tampilan grafis beserta jendela dan ikon, sebuah tetikus untuk mengontrol kursor dan hard drive lokal, dan koneksi jaringan Ethernet ke jejaring kantor semuanya tergabung di Xerox PARC Alto. Mesin ini merupakan eksperimen dari Xerox PARC tahun 1974. Namun, mesin ini tidak pernah dipasarkan.

6.TRS-80




Di tahun 1977, Radio Shack merilis sebuah mikrokomputer yang dinamai TRS-80. Produk ini dianggap sebagai mesin komputer pertama yang penggunaannya paling mudah, bahkan oleh anak sekolahan. Alhasil, mesin ini pun laku 3000 unit.

7.Apple II




Apple memperkenalkan produk ini pada tahun 1977 dan mampu bertahan selama 15 tahun. Produk dari apple ini memiliki keunggulan di grafis warna yang baik di masa itu dan mudah digunakan. Apple II pun menjadi produk massal di masa itu.

8.PC IBM




Di tahun 1980 an, komputer personal identik dengan IBM. Karena memang IBM-lah yang merintis hadirnya peranti lunak dan keras di pasaran komputer personal saat itu. Akhirnya standar ini diikuti semua vendor komputer sedunia bahkan hingga sekarang.

9.Apple Macintosh




Pada 1984, Apple kembali merilis produk terbarunya Apple Macintosh. Mesin ini memiliki tampilan grafis yang menawan dan bukan hanya sebuah perintah-perintah rumus yang membosankan dari DOS. Produk ini dikenal dengan Graphical User Interface.

10.IBM Road Runner




IBM akhirnya merealisasikan sebuah super komputer yang super cepat. IBM Road Runner ini memilki ukuran lebih besar dari ENIAC yang dibuat pada tahun 1946. IBM Road runner juga dipercaya sebagai mesin pertama yang mampu memproses data dalam hitungan Petaflop atau lebih dari kuadriliun operasi per detik. Namun, kecepatannya sama saja dengan PC desktop pada era kini.

source : http://anginsegar.co.cc

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © F For Fauzie | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top