Tips / Trik Membuat Shortcut Perintah Shutdown dan Reboot

Membuat Shortcut Perintah Shutdown dan Reboot : Untuk men-shutdown computer biasanya melalui sebuah “ritual” seperti berikut ini, klik Menu Start >> Turn Off Computer >> Tun Off kemudian kita tunggu beberapa saat hingga komputer melakukan proses shutdown. Ritual tersebut memerlukan beberapa langkah yang tentunya memakan waktu beberapa lama atau bahkan dapat dikatakan agak “ribet”. Nah, dengan tips berikut ini, hal tersebut tidak perlu terjadi lagi. Kita hanya perlu membuat shortcut untuk perintah shutdown ini pada desktop. Dengan shortcut tersebut, untuk men-shutdown komputer, dapat kita lakukan hanya dengan satu klik saja. Selain perintah shutdown, perintah restart dan log off juga dapat dibuatkan shortcutnya pada desktop sehingga menjadikan dua “pekerjaan” tersebut lebih praktis dan cepat. Jika tertarik, silakan ikuti tips triknya bersama Tips Trik Komputer berikut ini.
FORMAT PERINTAH
Sebelum memulai membuat shortcutnya, kita harus mengetahui format perintahnya terlebih dahulu baik perintah shutdown, perintah restart (reboot), maupun perintah log off. Formatnya adalah seperti berikut ini.

Shutdown –s >> adalah perintah untuk melakukan shutdown
Shutdown –r >> adalah perintah untuk melakukan restart (reboot)
Shutdown –l >> adalah perintah untuk melakukan log off dari current user
Selain perintah baku tersebut, kita dapat menambahkan parameter-parameter, seperti berikut ini.
Parameter "time delay"
-t xx >> adalah parameter waktu tunggu (time delay) dengan ukuran detik
Contoh aplikasi perintah & parameter
Shutdown –s –t 30 >> perintah shutdown akan dilakukan dalam waktu 30 detik.
Shutdown –r –t 15 >> perintah restart akan dilakukan dalam waktu 15 detik.
Shutdown –l –t 10 >> perintah log off akan dilakukan dalam waktu 10 detik.
Parameter "comment"
-c “teks” >> adalah parameter yang digunakan untuk menambahkan komentar berupa teks (maksimal 127 karakter) yang ingin kita tampilkan sebelum pelaksanaan perintah tersebut dilaksanakan.
Contoh aplikasi perintah & parameter
Shutdown –s –c “Sebentar lagi komputer akan melakukan shutdown” >> teks “Sebentar lagi komputer akan shutdown” akan tampil sesaat sebelum komputer shutdown.
Shutdown –s –c “Sebentar lagi komputer akan melakukan restart” >> teks “Sebentar lagi komputer akan restart” akan tampil sesaat sebelum komputer restart.
Shutdown –l –c “Sebentar lagi komputer akan melakukan log off” teks “Sebentar lagi komputer akan log off” akan tampil sesaat sebelum komputer log off.
Kombinasi Parameter
Jika menginginkan, kita juga dapat mengkombinasikan kedua parameter di atas, parameter time delay dan parameter comment.
Contoh aplikasi perintah dengan kombinasi parameter
Shutdown –r –t 20 –c “Sebentar lagi komputer akan melakukan restart” >> teks “Sebentar lagi komputer akan melakukan restart” akan muncul pada saat sebelum komputer restart dengan time delay 20 detik.
Hal tersebut berlaku juga untuk perintah restart dan log off.
LANGKAH MEMBUAT SHORTCUT SHOTDOWN CS
Pertama, klik kanan pada desktop (area bebas) kemudian pilih New kemudian pilih Shortcut hingga muncul jendela “Create shortcut”, seperti di bawah ini.
Kedua, ketikkan perintahnya (shutdown, restart, log off) seperti telah dijelaskan di muka kemudian lanjutkan dengan menekan next hingga muncul jendela “Select a Title for the Program”, seperti di bawah ini.
Ketiga, kemudian namai shortcut tersebut kemudian dilanjutkan dengan menekan finish.
Keempat, selesai.
Sekarang, kita telah berhasil membuat shortcut shutdown (dan/atau restart, atau log off) pada desktop. Untuk melihat hasilnya, silakan untuk mencobanya dengan mengklik shortcut tersebut.
Berikut ini screenshot dengan perintah “SHUTDOWN –S –T 30 C “KOMPUTER INI AKAN SEGERA SHUTDOWN” (tanpa tanda petik), seperti di bawah ini.

Selamat Mencoba dan Berkreasi!!
 
source : dapatinfo.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © F For Fauzie | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top